Tanggung Jawab Sosial

Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Sejalan dengan Misi Perseroan “Membangun dunia menjadi tempat hidup yang lebih baik”, maka Perseroan wajib turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Untuk itu, Perseroan menempatkan komitmen terhadap lingkungan hidup maupun lingkungan sosial sebagai hal yang utama dan tidak terpisahkan dari kegiatan operasi Perseroan. Untuk mewujudkannya, Perseroan melengkapi kegiatan operasi dengan dokumen pengelolaan lingkungan yang sesuai dengan ketentuan seperti Dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL/ANDAL) maupun dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup - Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). Tujuannya adalah untuk memperkirakan dampak yang akan ditimbulkan dari kegiatan operasi, mengevaluasi serta mencari solusi yang tepat untuk menanggulangi. Dengan demikian, pelaksana kegiatan memiliki panduan mengelola dampak lingkungan di setiap lokasi operasi Perseroan.

Selain itu, untuk menunjukan peran Perseroan sebagai warga yang bertanggung jawab dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik, Perseroan mempunyai 5 pokok kebijakan lingkungan sebagai panduan dalam menjalankan kegiatan usahanya, yaitu:

1. Melakukan peningkatan berkelanjutan berdasarkan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang terintegrasi.
2. Mematuhi peraturan perundangan dan persyaratan lingkungan.
3. Melakukan langkah-langkah pengurangan dampak lingkungan dan mencegah pencemaran.
4. Mengembangkan produk, teknologi, pelayanan dan fasilitas yang ramah lingkungan.
5. Berkomunikasi secara aktif mengenai aktifitas lingkungan dengan para pemangku kepentingan.

Sesuai dengan kebijakan usaha Perseroan tahun 2014 untuk Lingkungan yaitu “Kontribusi yang berkesinambungan untuk Bumi melalui kegiatan-kegiatan yang ramah lingkungan”. Kegiatan ramah lingkungan (Green Activities) oleh Perseroan dijabarkan dengan istilah 3G, yakni Green Factory, Green Operation dan Green Product. Penjabaran dari konsep 3G tersebut dijabarkan oleh Perseroan sebagai berikut:

GREEN FACTORY
Sudah menjadi komitmen Perseroan untuk menerapkan konsep Green Factory pada seluruh lingkungan pabriknya. Untuk mendukung terciptanya pabrik Perseroan yang ramah lingkungan, maka perwujudan Green Factory tersebut tercermin secara langsung pada lingkungan pabrik Perseroan dimana banyak ditanami pepohonan yang rindang dan tanaman hias sehingga menjadi sangat asri. Penanaman pohon-pohon tersebut dilakukan oleh karyawan beserta keluarganya sejak tahun 2010 dan terus dilakukan pemantauan perkembangannya. Selain itu, saluran-saluran air di lingkungan Perseroan juga terdapat beberapa jenis ikan yang dapat terlihat langsung dengan mata telanjang sebagai sarana pemantauan kualitas air. Bila ikan dalam saluran air tersebut dalam kondisi sehat dan segar mengindikasikan kualitas saluran air tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Pabrik dan ruang kerja juga memiliki sirkulasi udara dan cahaya matahari yang cukup baik. Beberapa lampu penerangan di dalam dan luar ruangan sudah menggunakan LED sehingga akan menjadi lebih hemat dan tahan lama.

Selain penanaman pohon di lingkungan pabrik, Perseroan yang berlokasi di pabrik Jakarta bersama instansi pemerintah dan warga sekitar pabrik juga menanam pohon buah yang lokasinya tidak jauh dari pabrik. Saat ini pohon-pohon buah tersebut telah menghasilkan buah yang dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Dalam kegiatan penilaian PROPER periode 2013-2014 pabrik Perseroan di Jakarta, Cikampek, dan Sidoarjo mendapatkan penghargaan PROPER BIRU dari Kementerian Lingkungan Hidup, hal ini menunjukkan bahwa ketiga pabrik Perseroan  tersebut telah mematuhi peraturan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berlaku.

 

GREEN OPERATION
Dalam menjalankan operasional pabrik, setiap karyawan dituntut untuk berinovasi dan berfikir kreatif untuk menghasilkan daya saing yang kompetitif dan keberlangsungan usaha Perseoan yang ramah lingkungan.

Untuk mendukung konsep Green Operation, Perseroan menggunakan Natural Gas (NG) dalam menjalankan operasional pabrik kaca lembaran. Dengan menggunakan NG, emisi yang dikeluarkan akan menjadi lebih bersih dan ramah terhadap lingkungan apabila dibandingkan dengan menggunakan minyak bakar. Perseroan juga berusaha untuk mengurangi unit emisi CO2 melalui beberapa cara diantaranya dengan:

1. Mengurangi konsumsi bahan bakar
2. Memperbesar cullet ratio
3. Meningkatkan efisiensi dalam proses pengiriman
4. Meningkatkan produktifitas, dan
5. Mengurangi utilitas
6. Penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan

Kegiatan-kegiatan Perseroan terkait dengan Green Operation, yaitu Program Daur Ulang antara lain:

Pengelolaan Sampah
Penerapan 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle hingga kini masih menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah baik pada industri maupun lingkungan masyarakat. Perseroan dalam mengelola sampah juga mengadopsi program 3R tersebut. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, seperti penggantian material packing dari box kayu menjadi pallet besi, dimana setelah pengiriman pallet besi akan dipergunakan kembali. Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat, seperti penggunaan kembali cullet sisa proses produksi menjadi bahan baku.

Pengelolaan Air
Untuk mengurangi penggunaan air PAM pada operasionalnya, pabrik Perseroan yang berlokasi di Jakarta telah melakukan proses daur ulang air buangan dari prosess pendinginan peralatan dan pencucian kaca serta dicampur dengan air laut yang dijadikan sebagai bahan baku untuk diolah kembali menjadi air bersih dengan menggunakan teknologi “Reverse Osmosis /RO”. Dari proses hasil air RO tersebut menghasilkan air bersih yang dapat digunakan kembali sebagai air pendingin peralatan dan pencucian kaca selama proses produksi berlangsung.

Selama tahun 2014 pabrik kaca lembaran Perseroan di Jakarta telah menghasilkan air daur ulang dari proses RO sebanyak   374.743 M3 dimana pada tahun 2013 air daur ulang yang digunakan sebanyak 279.073 M3 atau dengan kata lain mengalami peningkatan dalam penggunaan air daur ulang. Penggunaan air daur ulang tersebut dapat mengurangi pemakaian air PAM sebesar 59%. Angka ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan tahun 2012 yang hanya sebesar 30%. Ini menunjukan telah terjadi peningkatan kuantitas dalam proses pengelolaan air dari proses RO pada tahun 2013 dan 2014.

Konsep Hemat Energi
Selain kegiatan daur ulang dan pengelolaan air, Perseroan juga melakukan kampanye hemat energi sebagai program mendorong budaya hemat listrik, air dan kertas melalui pemasangan stiker dan spanduk pada objek-objek terkait baik di dalam maupun di luar ruangan pada seluruh lokasi pabrik.

Sertifikasi Bidang Lingkungan dan Manajemen Mutu Dalam menjalankan Misi Perseroan “Membangun dunia menjadi tempat hidup yang lebih baik” yang diselaraskan dengan salah satu kebijakan CSR Perseroan “Melestarikan Lingkungan Hidup” Perseroan terus berusaha meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengikuti standar internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan (SML). Salah satu sistem yang dapat digunakan dalam mencapai penerapan SML adalah ISO 14001:2004. Dengan sistem ini, Perseroan dapat memastikan bahwa proses yang dilaksanakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama pentaatan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

Pabrik Perseroan yang berlokasi di Jakarta, Sidoarjo dan Cikampek telah mendapatkan sertifikasi bidang lingkungan yaitu ISO 14001:2004 sejak tahun 2005 dan terakhir dilakukan audit ISO 14001:2004 pada bulan April 2014 oleh DNV Malaysia yaitu suatu lembaga independen penyelenggara audit ISO yang diakui secara internasional.

FLAT GLASS GENERAL DIVISION

Jl. Ancol IX/5 Ancol Barat, Jakarta 14430, Indonesia.
Phone: 021-6904041 (8 lines)
Fax: 021-6918709, 69000470

amfg.marketing@agc.com

AUTOMOTIVE GLASS GENERAL DIVISION

Kawasan Industri Indotaisei
Sektor 1A Blok J-L, Cikampek 41373
Jawa Barat, Indonesia
Phone : 264 - 351711 (8 Lines)
Fax : 264 - 351710

asahimas.autosales@agc.com

HELPLINE SERVICE

If you aware about the action which has been done by someone related to the Company.